Kesehatan

Posted: January 6, 2013 in Study

KesOrang bijak sering mengatakan “Lebih baik mencegah daripada mengobati” memang benar adanya menjaga kesehatan itu perlu agar terhindar dari penyakit. Gangguan kesehatan bisa muncul kapan saja, apalagi jika kita lengah terhadap gejala dan penyebabnya. Tanpa kita sadari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat merupakan faktor penyebab utamanya. Meskipun ada penyebab lainnya yang tidak bisa dihindari seperti fakor genetik, pencemaran lingkungan, dll.

Menurut Handrawan Nadesul, “Modal sehat (biocapital) yang tubuh kita peroleh sejak lahir tak kurang dari 99%. Hanya satu persen yang hilang pada mereka yang mewarisi keturunan, cacat lahir, dan punya kelainan bawaan.”

Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa manusia pada awalnya dilahirkan dengan tubuh yang sehat. Tetapi, kesehatan seringkali diabaikan, maka pada saat manusia tumbuh dewasa, mereka sering terserang berbagai macam penyakit.

Menurut Pusat pengontrolan penyakit Negara Amerika Serikat telah disimpulkan bahwa ada empat faktor utama yang menentukan kesehatan seseorang, yaitu:

  1. Perilaku kesehatan atau gaya hidup
  2. Hereditas (keturunan)
  3. Keadaan lingkungan
  4. Mutu pelayanan kesehatan yang tersedia

Setiap insan pasti sangat mengidamkan tubuhnya selalu dalam kondisi sehat. Kesehatan menempati posisi penting dalam kehidupan setiap manusia karena sehat merupakan kebutuhan dasar dan hak setiap orang. Kondisi sehat merupakan salah satu faktor penentu kualitas sumber daya manusia, dan sebagai suatu syarat untuk mewujudkan perkembangan jasmani, rohani (mental), sosial, dan ekonomi yang seimbang. Oleh karena itu, wajar jika secara alami semua orang selalu berusaha agar dirinya dalam kondisi sehat.

Kesehatan pribadi dapat dicapai secara fisik, apabila seluruh aktivitas kehidupan manusia berfungsi normal dan seimbang (homeostasis) seperti: mencerna makanan, metabolisme, mengedarkan zat-zat makanan ke seluruh jaringan tubuh melalui sistem sirkulasi, melakukan pernafasan, tumbuh dan berkembang, melakukan pengeluaran sisa-sisa metabolisme melalui sistem ekskresi, melakukan gerakan melalui rangka tulang dan otot (lokomosi), peka terhadap rangsangan (irritabilitas) melalui indera, dan melakukan perkembang-biakan melalui sistem reproduksi.

Walaupun kita sudah melakukan gaya hidup sehat secara benar akan tetapi kita masih bisa sakit atau terserang penyakit.

Download File Disini:
Makalah: 1. Cover;2. Kata Pengantar;3. Daftar Isi;4. Bab I, II, III;5. Daftar Pustaka
ILMU ALAMIAH DASAR.pptx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s